Pilih Nama Yang Mana, Ya?

Salah satu momen menyenangkan dari trimester 3 kehamilan adalah saat-saat memilih dan mendiskusikan nama untuk si buah hati. Memilih nama anak bisa menjadi tugas yang menantang bagi orangtua. Pasalnya, nama akan disandang anak seumur hidupnya. Tentu akan lebih baik bila anak memiliki nama yang indah dan bermakna positif.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Tetapi, tak hanya itu yang perlu diperhatikan saat memilih nama anak, Ma. Penelitian membuktikan, nama seseorang akan berdampak pada perilaku, minat, dan kesehatannya, bahkan juga kariernya kelak. Terbukti, dalam penelitian yang dilakukan David N. Figlio, PhD, Director Institute for Policy Research, Northwestern University, Illinois, Amerika Serikat (AS), anak laki-laki dengan nama yang biasanya diberikan pada anak perempuan memiliki kemungkinan lebih besar untuk berperilaku buruk dibanding anak lakilaki dengan nama yang lebih maskulin. Contohnya, di AS, anak lakilaki bernama Ashley dan Shannon, saat kelas 1 SD akan berperilaku sama seperti teman-temannya yang memiliki nama maskulin, seperti Brian.

 

“Namun, begitu anak-anak dengan nama feminim tersebut duduk di kelas 6 SD, mereka tiba-tiba mengalami masalah kedisplinan di sekolah dan masalahnya akan lebih banyak bila kebetulan mereka sekelas dengan anak perempuan yang memiliki nama sama,” ungkap David N. Figlio, PhD. Rupanya, keharusan bertatap muka dengan perempuan bernama sama setiap hari membuat anak laki-laki tersebut menjadi malu, rasa percaya dirinya menjadi berkurang, terlebih bila temanteman lainnya juga mengejeknya.

Anak perempuan dengan nama yang umum digunakan laki-laki juga mengalami efeknya. Dalam penelitiannya di tahun 2005, David menemukan perbedaan minat pada anak perempuan bernama feminin, semisal Kayla dan Isabella, serta anak perempuan dengan nama unisex (bisa digunakan laki-laki dan perempuan), semisal Taylor dan Madison. Anak perempuan dengan nama relatif feminin, saat di SMA akan lebih tertarik dan menguasai pelajaran di bidang sastra dan seni. Sedangkan anak perempuan dengan nama unisex lebih menyukai pelajaran di bidang sains dan matematika. Bagaimana dengan Taylor Swift?

Sumber : https://pascal-edu.com/