Nasi Kotak Bento, Tips cara membuat

Tips membuat nasi kotak bento yang sehat

Nasi Kotak Bento, Tips cara membuat
Nasi Kotak Bento, Tips cara membuat

Nasi kotak bento merupakan kotak makan siang ala Jepang yang begitu populer di Negeri Sakura. Menu nasi kotak ini terdiri dari nasi, sayuran, daging dan bahan pelengkap makanan lainnya.

Konsumen nasi kotak bento pun tak pandang usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebuah penelitian mengungkapkan, dari lima miliar konsumen dewasa yang terdiri dari para pekerja, lebih dari 70 % mengaku senang membawa nasi kotak bento karena dianggap lebih murah dan sehat ketimbang makanan cepat saji.

Meski demikian, nasi kotak bento yang diperuntukkan bagi anak-anak hari ini telah berkembang menjadi kebudayaan unjuk gengsi, yang mau tidak mau membuat para ibu stres memikirkan kreasi nasi bento terbaik mereka. Selain mengejar prestise dan pujian dari lingkungan sosial, nasi kotak bento bagi sebagian kalangan menjadi alat untuk menghindarkan anak-anak mereka dari praktik bullying di sekolah.

Persiapan untuk membuat

Setelah melihat berbagai contoh kreasi nasi kotak bento, selain membuatnya tampak menarik, Anda pun dapat mulai meracik nasi bento kreasi sendiri dengan pilihan menu yang sehat dan lezat. Apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat menu nasi kotak bento yang sehat?

Gunakan minyak sayur

Agar menu nasi kotak bento Anda lebih menyehatkan dan tahan lama, hindarilah penggunaan minyak hewani seperti mentega. Sebab minyak jenis ini dapat membuat nasi kotak bento Anda cepat mengeras ketika sudah dingin. Jika tetap ingin menggunakan mentega, pakai secukupnya untuk menambah aroma makanan.

Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur seperti minyak zaitun atau minyak wijen agar nasi kotak bento Anda dapat disantap meski dalam keadaan dingin.

Bumbu aromatik

Untuk menambah cita rasa masakan, gunakan bumbu aromatik seperti jahe, bawang putih, bubuk kari, wijen dan mustard untuk menunjang menu nasi kotak bento Anda. 

Deretan bumbu aromatik ini cenderung lebih tahan lama dalam menghadirkan cita rasa gurih dan tajam kendati makanan dingin. Tentu ini akan membantu meningkatkan nafsu makan Anda, meskipun telat menyantap nasi kotak bento karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Masak hingga matang

Bawalah nasi kotak bento berisi makanan yang sudah dimasak matang. Daging dan sayur yang matang sempurna cenderung lebih aman dan menghindarkan Anda dari ancaman kedaluwarsa dini dan keracunan makanan.

Keringkan air

Pastikan sayur maupun daging yang menjadi bekal nasi kotak bento tidak memiliki sisa air. Sisa air dapat menyebabkan isian nasi kotak bento cepat berbau dan basi.

Bersihkan kelebihan minyak

Selain itu, bersihkan juga sisa kelebihan minyak yang melekat pada makanan dan sayur agar nasi kotak bento Anda lebih tahan lama.

Itulah 7 menu nasi kotak bento yang sempat viral dengan berbagai macam bentuknya yang menggemaskan serta tips membuatnya. Tertarik membuat nasi kotak bento kreasi Anda sendiri?