paket catering pernikahan

Tips Memilih Paket Catering Pernikahan Yang Tepat

Memilih paket catering pernikahan Jakarta tentu bukan perkara sembarangan. Menentukannya perlu sebuah perencanaan yang matang dan kiat khusus. Hal itu karena dalam semua jenis pesta, terutama pernikahan, makanan adalah salah satu unsur utamanya.

Bahkan banyak orang menilai kesuksesan pesta pernikahan dari baik atau tidaknya sang empunya pesta memilih hidangan catering berserta temanya. Jika paket catering yang dipilih dinilai kurang cocok atau bahkan tidak enak dilidah tentu sang empunya pesta akan banyak dipergunjingkan.

Untuk itu semua, berikut adalah beberapa langkah yang perlu anda lakukan guna memilih paket catering yang tidak hanya enak, namun juga tepat guna:

Tentukan Tema Pernikahan

Banyak dari kita yang menganggap tema pernikahan sekedar hiasan dan penambah aksesoris belaka dalam sebuah pesta. Padahal dengan adanya tema, suatu pesta pernikahan akan dapat diselenggarakan secara lebih efektif.

Penentuan tema juga tidak boleh sembarangan. Tema harus sesuai dengan latar belakang sang empunya pesta atau dalam hal ini pasangan yang akan menikah. Kedekatan tema dengan latar belakang pengantin akan menghadirkan susana intim dan hangat dalam sebuah pesta pernikahan.

Tema pernikahan yang sudah dipilih dengan sesuai akan memudahkan kita dalam memilih  paket catering. Dengan tema yang tersedia, paket ctering yang ditawarkan tentu semakin spesifik dan itu semakin memudahkan kita untuk memilih jenis makanan apa saja yang akan dihidangkan.

Misalnya kita memilih tema pernikahan tradisional Jawa. Paket catering yang dipilih tentu aneka makanan tradisional khas jawa lengkap dengan jajanan pasar. Bahkan kita bisa menghadingkan menu ala angkringan yang tentu lebih hemat.

Tentukan Anggaran untuk Paket Catering

Setelah menentukan tempat pernikahan, mempelai dan keluarganya harus beralih ke tahap selanjutnya yaitu penentuan anggaran. Anggaran yang baik adalah yang tepat guna dan terjangkau atau sesuai dengan kemampuan ekonomi. 

Anggran ini juga berguna untuk memilih paket catering. Dengan anggaran yang cukup sang empunya pesta dapat memilih paket lengkap dari mulai dekorasi, EO, hingga paket catering. Namun jika terbatas semuanya dapat dipisah walaupun tetap dalam satu tema. 

Dengan anggaran yang terbatas bukan berarti paket catering menjadi tidak enak. Justru anggaran yang tebatas di sisi lain memudahkan sang empunya pesta untuk lebih fokus pada kualitas paket catering, bukan jumlahnya.

Anggaran yang ditentukan juga harus detil. Mulai dari penyesuaian jumlah tamu dan harga perporsi makanan catering untuk setiap tamu. Hal itu agar sang empunya pesta juga dapat bersiasat dengan memainkan jumlah porsi makanan yang lebih banyak di beberapa jenis saja.

Pilih Penyedia Paket Catering Pernikahan yang Berpengalaman

Di sini sang empunya pesta harus melakukan survei ke beberapa penyedia catering pernikahan. Pilih penyedia paket catering yang sudah berpengalaman dan direkomendasikan oleh banyak orang. Untuk itu perlu bagi calon pengantin untuk tak segan bertanya pada para pelanggan paket catering sebelumnya. 

Pilih penyedia catering yang memiliki banyak pilihan paket.Tak hanyak lengkap, pastikan penyedia catering bersedia dan fleksibel dalam memodifikasi paket cateringnya agar sesuai dengan kebutuhan kita dan anggarn yang kita tentukan.

Sang empunya pesta juga harus memastikan perlengkapan apa saja yang didpat dari paket catering tersebut. Karena banyak perlengkapan catering yang ketika dipakai justru kontras dengan tema pernikahan yang telah kita tentukan.

Tes Makanan

Pastikan penyedia paket catering yang anda pilih menyediakan sesi tes makanan. Sehingga kita dengan leluasa dapat menentukan apakah makanan yang disediakan layak untuk dinikmati di pesta pernikahan kita. Dalam sesi tes makanan ini sang empunya pesta juga dapat mengajukan permintaan khusus. 

Misalnya makanan tetrtentu dapat dimodifikasi agar sesuai anggaran atau sesuai dengan selera lidah keluarga sang mempelai. Untuk itu pastikan memilih penyedia paket catering yang terbuka dan fleksibel dalam menentukan paket makanannya.

Untuk penyedia catering, pastikan dekat dengan lokasi pernikahan, minimal terletak dalam satu kota. Hal itu untuk memudahkan  distribusi makanan dan memangkas biaya perjalanan untuk paket catering. Jarak yang dekat juga menjamin kondisi makanan yang disediakan tetap baik.